Rainy Day Playlist

by - 00.40



Who doesn’t love rain?

Pasti ada sih.

I mean, when the rain is coming, everything just feel so good and so calming. Kecuali hujannya yang super deras dan bikin takut, ditambah sama petir terus gluduk (do you know gluduk? Oh, I think they called it guntur).

In a rainy day, it would be perfect if we could stay at good places like cafe, restaurant (iya emang dasar hobinya makan ni anak), or simply stay at home.

Kalau di kafe mungkin kita bisa nongki-nongki instagramable sambil nyemil-nyemil cantik, terus aku ngebayanginnya juga sambil duduk di samping jendela kafe, ngeliat ke jalanan yang basah karena hujan, ngamatin hujan yang turun, ngeliatin langit abu-abu, terus sambil nulis atau sekedar ngobrol-ngobrol santai, or maybe a deeper conversation? I’d love to!

Atau kayak beberapa hari ini, the rain was falling hard. I was at my room, writing, listening to good music, and I feel so blessed; jarang-jarang bisa diam di kamar sendirian sambil me time.

Whether you want to be productive or just lay lazily on your bed in rainy day, you need music, right? To company you, to make you feel better, or just to sing along loudly? (ceritanya mumpung hujan deras jadi nggak ada yang dengar).
So, I’m going to share my playlist for a rainy day. Siapa tau bisa menambah lagu-lagu di playlist kalian juga. Enjoy!

Adhitia Sofyan

My one and only, my number one, Adhitia Sofyan.

Terbaik dari yang terbaik.

I’ve been listening to his music since I was in high school (thanks to Kak Noy yang sudah memperkenalkan diriku dengan lagu-lagu Bang Adhitia), and until now, I always listen to his music.
Nggak tau kenapa, lagu-lagunya Bang Adhitia (sok kenal banget lu) itu nempel banget di kepala, apalagi di hati. Sekali dengar langsung nyessss. Dan emang pada dasarnya aku suka banget sama lagu-lagu yang akustik gitu.

Here’s my favorite song of Adhitia Sofyan dan menurut aku pas banget didengerin saat hujan:



 
And last year on October, I got a chance to watch his gigs, and I was soooooooooooooooo happy. Setelah berjuta tahun dengerin lagunya cuma lewat laptop dan hape, akhirnya bisa dengar langsung. I think I’m going to make a special post about this gigs soon!


Banda Neira

Yang satu ini nggak boleh dan nggak bisa dilewatkan.

Salah satu hal yang bikin sedih adalah, mereka udah bubar sebelum diriku sempat nonton gigs mereka. Ya emang telat banget sih, aku baru dengerin lagu mereka pas semester satu, mungkin sekitar bulan Oktober atau November tahun 2015. But it’s okay, the music is still with us. We can still listening to their beautiful songs :’)

Pertama kali denger lagu Banda Neira, wih musiknya asik, nih. Terus pas didengerin bener-bener liriknya... unik. Totally unique dan somehow deep banget.
Terus pernah tuh, waktu aku lagi nugas di rumah, sambil dengerin lagunya Banda Neira yang Rindu, dan pas bagian ini:

“Jendela, kursi, atau bunga di meja...”

My Mom was sitting near me and then she said, “Ini lagu apa, Dek? Kok ada jendela kursinya gitu, sih?”
I didn’t know what to say tho.Setelah diresapi lebih dalam, didengerin nggak cuma pake kuping tapi pakai hati juga... Banda Neira is totally... a m a z i n g.
 
Nggak tau bawaannya tuh langsung kalem, tenang, atau merenung tentang hidup kalau udah dengerin lagu-lagunya Banda Neira. Dan ada satu lagu Banda Neira yang magical banget buat aku, judulnya Yang Patah Tumbuh Yang Hilang Berganti. That time, I was so broken, so heartbroken till I couldn’t think clearly. After one week, in a fine Sunday morning, I woke up after I got my therapy (a.k.a brush lettering) and started to listen to this song.

I was staring at the sky thru my window, their voice and the music filled my head, the lyrics strangely healed a hole in my chest lil by lil. And I felt so much better. So much better.

So, here’s my favorite song of Banda Neira when the rain is coming! (actually, semua lagu Banda Neira enak didengerin kapan aja)





Kings Of Convenience


Ini legend, sih.

Actually, I already listened to their song maybe since Junior High School. Tapi waktu itu aku cuma dengar-dengar aja tanpa tau siapa penyanyinya. Kalau nggak salah lagu mereka yang aku dengar pertama kali itu judulnya I’d Rather Dance With You sama Homesick (album Riot On An Empty Street). Dan setelah berabad-abad lamanya, suatu hari waktu aku lagi di tempat kerja, aku liat ada yang nyetel lagu mereka. Aku yang ngerasa familiar langsung ngerasa terpanggil gitu. Terus ngecek ke laptop, dan liat nama penyanyinya. And finally I knew after a very very long time.

Rasanya kayak nemu mainan kesayangan waktu kecil yang udah dikira udah hilang.

I was so happy that day (big thanks to Kak Aldi who played their songs) dan sampai sekarang, lagu-lagu dari KOC selalu bisa bikin aku tenang dan berimajinasi.




Oh Wonder

Let me tell you a story how I found out about this amazing duo.

So, in a fine day in 2016, I was at my workplace, working (duh, like seriously? What else gitulo nad) Dan di tempat kerja aku ini biasanya nyetel lagu lewat Youtube. Dan you know, kan, kalo di youtube itu awalnya nyetel lagu apa, eh tau-tau bisa nyampe ke lagu yang kita sama sekali nggak pernah dengar.

That’s how I found Oh Wonder.

So I was kinda busy talking with my friends, then suddenly a song played that instantly captured my attention. (setel lagu Oh Wonder - Without You, and you know, that-really-awesome-intro)

Aku yang tadinya fokus ngobrol, tau-tau ngibrit ke arah laptop cuma buat liat siapa yang nyanyi. And then I found out it was Oh Wonder with their hits single, Without You.

I sat in front of the laptop, watched the music video and listened to the music.
I fell in love. I fell in love with everything about Without You song.
And then I fell in love with all of their songs (okay I lied, mungkin nggak semua, but almost all the songs)

Karena aku kepo, ya udah aku langsung googling, nyari informasi tentang mereka, dengerin lagu-lagunya di Youtube dan Spotify, dan jatuh cinta.

Sampai sekarang.

Too bad I couldn’t watch em on lalalafest. Maybe someday, in a good place, in a good time. Let’s say aamiin!

My fav for a rainy day by Oh Wonder:





Birdy   

I knew her since high school (gila berasa kenal dekat aja lagi) dan lagu pertama dari Birdy yang aku tau itu Not About Angels, OST nya The Fault in Our Stars. Kalau nggak salah sekitar bulan Agustus tahun 2014.

When I was in high school, I’d really love to explore new music on youtube (sebenarnya sampai sekarang juga, cuma udah nggak sesering dulu) mulai dari aku nyari fokus sama genre musiknya, sampai ke liriknya yang relatable banget. Atau sekedar karena intronya langsung ngena di hati.
Dan aku sama Nisa, sahabat aku (my bae my soulmate my bestie my sister) suka banget saling sharing lagu-lagu apa aja yang baru kita temuin.

“Eh, Nad. Coba deh kamu dengerin lagunya si anu...” atau “Eh, Nis, kamu harus banget dengerin lagunya si itu, liriknya soooo relatable for you.”

Dan aku udah sering banget nemu Birdy (mungkin karena aku sering searching si Gabrielle Aplin) dan baru lagu Not About Angels itu yang ngena banget. Dan tiap tahun, si Birdy lagunya nambah mulu di playlist. Sampailah akhirnya aku suka banget sama lagu-lagu dia dan bisa semalaman suntuk dengerin Birdy doang :’)

Ini favorit aku:




Billie Eilish

Ini yang palng terbaru, dan gila, sih, lagunya. Parah.

Aku suka banget ngestalking @cakecaine (Nadin Amizah) di Instagram, karena suara dia super duper bagus dan feednya aesthetic parah, dan caption dia itu suka pas banget di hati. She’s so young, but her talent is sooooooooooooo amazing.

She likes to cover a song on her Instagram, and then I checked one of her cover, lagunya bagus banget. Apalagi si Nadin yang nyanyi :’) judulnya idontwannabeyouanymore by Billie Eilish. Karena w kepo, ya udah w langsung googling tuh cewek.

Dengerin di Youtube.
Cek di Spotify.

Eh kok bagus banget sih.

Suaranya si Billie ini lembut dan jernih banget, her voice is so soothing. I love her voice so much:')

Jadi sekarang, salah satu lagu wajib yang harus didengerin itu lagu-lagunya Billie Eilish. And here’s my favorite:


Dan ada beberapa lagu lainnya juga yang sering aku dengerin (dan jadi favorit):



That's all.

Mungkin masih ada beberapa lagu lain yang sering aku dengerin juga pas hari hujan, yang jelas lagu-lagu yang aku dengerin sebisa mungkin bikin tenang, bikin relaks, and makes me forget about my anxiety.

Kalau kamu, sukanya dengerin lagu apa pas hari hujan?

You May Also Like

0 komentar

For More